Berita

Selasa, 13 November 2012

BONGKAR MUAT PELABUHAN: Pemerintah tetap dorong eksisitensi PBM




JAKARTA (Bisnis.com): Pemerintah berkomitmen tetap mempertahankan dan sekaligus mendorong eksistensi perusahaan bongkar muat (PBM) agar bisa berkompetisi dengan BUMN PT Pelindo di pelabuhan untuk lebih profesional sehingga produktivitas bongkar muat dan kelancaran arus barang melalui angkutan laut bisa terjamin.



PBM juga berkedudukan sama dengan PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) yakni berperan sebagai operator jasa kepelabuhanan sebagaimana di amanatkan dalam UU No:17/2008 tentang Pelayaran.



“PBM harus tetap eksis di pelabuhan dan untuk itu, mereka (PBM) mesti lebih profesional dalam melayani bongkar muat kargo umum maupun peti kemas sesuai dengan perkembangan dan kemajuan bongkar muat di Indonesia,” ujar Kepala Litbang Kementerian Perhubungan Denny.L.Siahaan saat membacakan Sambutan Menteri Perhubungan EE.Mangindaan pada peringatan HUT ke-24 Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) hari ini, Senin (12/11/2012).



Dia mengatakan, Kemenhub akan terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada seluruh PBM yang ada di Indonesia dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional melalui jasa bongkar muat dari dan ke kapal di seluruh pelabuhan Indonesia.



Ketua Umum DPP APBMI Bambang K.Rahwadi mengatakanm saat ini APBMI beranggotakan 1.023 PBM yang berada di 14 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), 42 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan 5 Perwakilan Cabang yang berdomisili mulai dari Lhokseumawe Aceh hingg ke Timika dan Merauke.



“PBM selama ini berperan aktif dalam kontribusi di Industri jasa kepelabuhanan dan pelayaran di seluruh Indonesia,” ujarnya.



Ketua Panitia HUT APBMI ke 24, H.M.Fuadi mengatakan peringatan HUT asosiasi itu kali ini agar dapat dimaknai sebagai bangkitnya kekuatan PBM di seluruh Indonesia untuk bekerjasama dengan PT Pelindo.



“Seperti yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok yang hanya menfasilitasi 16 PBM terseleksi. Seharusnya juga dibuka kesempatan bagi PBM lain yang jumlahnya mencapai 86 PBM terdaftar di Priok,” ujarnya kepada Bisnis.(k1/sut)

Berita Terkini

Senin, 24 November 2014

Tarif Angkutan Pelabuhan Priok Naik 20%

Rabu, 19 November 2014

Pameran Marintec Akan Digelar Di Indonesia

Senin, 17 November 2014

TOL LAUT: Kapal Asing Hanya Boleh Sampai Kuala Tanjung dan Bitung

Jumat, 14 November 2014

RELOKASI PETI KEMAS Di Tanjung Priok Didasarkan Pada Batasan Ini

Jumat, 14 November 2014

Kemenhub Atur Relokasi Peti Kemas Priok


Link

   Email

   Eis

   Container Tracking

   Coarri Codeco TPRH 009

   Trucking Logistik



Copyright © 2012 - 2014 Sistem Informasi PT Multi Terminal Indonesia. All Rights Reserved.